Dolar AS Rabu Bergerak Stabil Menantikan Data Inflasi AS

285
dolar AS

(Vibiznews – Forex) Dolar AS bergerak stabil pada hari Rabu dalam perdagangan yang hati-hati menjelang data inflasi AS yang dirilis hari Kamis ini yang dapat mempengaruhi kebijakan suku bunga Federal Reserve.

Terpantau indeks dolar AS, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang rivalnya, bergerak naik tipis 0,06% pada 102,56.

Indeks ini naik 1% pada bulan ini, setelah turun 2% pada bulan Desember karena para pedagang menilai kembali seberapa curam dan cepatnya kemungkinan penurunan suku bunga dari The Fed.

Kecenderungan dovish The Fed yang mengejutkan pada bulan Desember, ketika mereka memproyeksikan penurunan suku bunga sebesar 75 basis poin, atau bps pada tahun 2024, meningkatkan ekspektasi pasar akan pelonggaran dengan para pedagang bulan lalu mengantisipasi penurunan suku bunga sebanyak 160 bps.

Pasar telah menilai kembali peluang tersebut dan saat ini memperkirakan penurunan sebesar 140 bps pada tahun ini.

Pedagang fokus pada rilis laporan indeks harga konsumen AS pada hari Kamis untuk membantu memprediksi kemungkinan penurunan suku bunga pada bulan Maret. Laporan tersebut diperkirakan menunjukkan inflasi umum naik 0,2% pada bulan tersebut dan sebesar 3,2% pada basis tahunan.

Dana berjangka Fed menunjukkan kemungkinan 64% dari pelonggaran The Fed pada bulan Maret dibandingkan 80% pada minggu sebelumnya, alat CME FedWatch menunjukkan.

Dalam mata uang lainnya, euro datar di $1,09315.
Poundsterling turun 0,11% di $1,2697
Yen Jepang melemah 0,36% menjadi 144,97 per dolar.
Dolar Australia naik 0,19% menjadi $0,6700.

Inflasi Australia melambat hingga mendekati titik terendah dalam dua tahun pada bulan November dan inflasi inti juga menurun tajam, hasil yang lebih lemah dari perkiraan sehingga memperkuat ekspektasi pasar bahwa suku bunga tidak perlu dinaikkan lebih lanjut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks dolar AS akan bergerak stabil dengan kehati-hatian menjelang rilis data inflasi AS akhir pekan ini. Indeks dolar AS diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 102,77-103,01. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support 102,39-102,21.