Bursa Eropa Akhir Pekan Berakhir Mixed Setelah PDB Zona Eropa Stabil

277

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa ditutup mixed pada akhir pekan hari Jumat, setelah laporan PDB zona Eropa yang stabil, juga mencerna laporan pendapatan perusahaan dan data ketenagakerjaan AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik tipis 0,02%, dengan sektor dan bursa utama diperdagangkan di wilayah beragam. Jasa keuangan naik 1% sementara teknologi turun 1,5%.

Indeks FTSE 100 ditutup turun -0,43%.
Indeks DAX berakhir lemah -0.16%.
Indeks CAC 40 ditutup naik 0,15%.

Produk domestik bruto zona euro yang direvisi menunjukkan tetap stabil pada kuartal keempat tahun 2024.

Sementara itu, Europai, Cepsa, Royal London Group, dan Informa semuanya melaporkan pendapatan.

Produksi industri Jerman naik 1% pada bulan Januari, lebih dari perkiraan 0,5%, data baru menunjukkan pada hari Jumat. Produksi konstruksi dan manufaktur juga masing-masing naik 2,7% dan 1,1%.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup 1,05% lebih tinggi pada 503,45 poin pada hari Kamis setelah melampaui level penting 500 untuk pertama kalinya selama sesi ini.

Investor mendapat dukungan setelah ECB merevisi perkiraan inflasi pada tahun 2024 menjadi 2,3% dari 2,7%, meskipun ECB mempertahankan suku bunga tetap stabil.

Pasar telah memperkirakan penurunan suku bunga yang dimulai pada bulan Juni, dan menganggap perkiraan makro yang diperbarui sebagai dukungan lebih lanjut untuk jangka waktu tersebut.

Saham-saham AS mengalami kenaikan yang tidak terlalu besar setelah laporan ketenagakerjaan bulan Februari, yang menyajikan gambaran beragam karena lebih banyak pekerjaan yang ditambahkan dari perkiraan namun pengangguran secara tak terduga naik menjadi 3,9%.

Non Farm Payrolls AS mencatat hasil 275.000 pekerjaan pada bulan lalu, mengalahkan perkiraan konsensus Dow Jones sebesar 198.000.

Namun tingkat pengangguran AS meningkat menjadi 3,9% dari 3,7%. Selain itu, upah tumbuh lebih lambat dari perkiraan. Pertumbuhan lapangan kerja untuk bulan Januari juga direvisi turun tajam menjadi 229,000 dari 353,000. Hal ini semakin memperkuat sentimen The Fed akan menurunkan suku bunga AS lebih cepat.

Produsen obat obesitas Wegovy, Novo Nordisk, melampaui Tesla dalam nilai pasar, setelah data uji coba awal menunjukkan hasil positif untuk pil penurun berat badan eksperimental barunya.

Saham perusahaan Denmark ini mencapai rekor tertinggi pada hari Kamis, naik sebanyak 8%, setelah memberi tahu investor bahwa uji coba Tahap I pil amycretin perusahaan menunjukkan penurunan berat badan sebesar 13,1% pada peserta setelah 12 minggu.

Novo Nordisk kini menjadi perusahaan paling bernilai ke-12 di dunia, dengan kapitalisasi pasar sebesar $604 miliar — mengungguli Tesla yang sebesar $569 miliar, menurut data FactSet.

Saham diperdagangkan sedikit lebih rendah pada hari Jumat, turun 0,7%, pada pukul 11:00 waktu London.

Produsen obat sh Grifols melonjak 17% setelah mempublikasikan hasil tahun 2023, yang dikatakan disetujui dengan opini wajar tanpa pengecualian dari auditor KPMG, menurut Reuters.

Perusahaan ini sedang berjuang melawan perubahan saham yang dramatis menyusul laporan bulan Januari dari Gotham City Research yang mempertanyakan laporan keuangannya. Laporan kedua yang dirilis Kamis oleh short-seller, yang mempertanyakan transparansi perusahaan, menunjukkan bahwa saham tersebut turun 15%.

Di sisi lain, perusahaan pengiriman makanan HelloFresh anjlok 44% setelah memperkirakan penurunan pendapatan tahun 2024 dalam laporan keuangan terbarunya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa di awal pekan akan bergerak mixed mencermati hasil penutupan bursa Wall Street yang turun, perlambatan data tenaga kerja AS dan PDB zona Eropa yang stabil.