Bursa Saham Australia Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

315
asia

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Australia berhasil cetak rekor tertinggi sepanjang masa untuk indeks utamanya pada perdagangan hari Kamis (28/3/2024).

Indeks harian ASX200 melompat cukup signifikan ke posisi rekor oleh dukungan lonjakan saham-saham pertambangan kapital besar, melonjak 0,99% ditutup pada 7.897

Penguatan harga emas dunia oleh spekulasi akan adanya penurunan suku bunga dari bank sentral dunia mengangkat saham sektor pertambangan hingga naik 1,9%, tertinggi di antara semua sektor.

Bank-bank sentral terus melaporkan pembelian emas yang sedang berlangsung, didorong oleh keinginan untuk mendiversifikasi cadangan mata uang mereka.

Menambah sentimen positif, data survei yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan melemahnya harga konsumen di negara tersebut.

Melbourne Institute of Applied Economic and Social Research laporkan perkiraan tingkat inflasi Australia pada bulan Maret turun sebesar 0,2 poin persentase menjadi 4,3% sementara total gaji diperkirakan meningkat sebesar 1,4% selama 12 bulan ke depan.

Sementara itu omset ritel Australia naik 0,3% di bulan Februari, berkurang dari kenaikan 1,1% di bulan Januari. Demikian total kredit Australia naik 0,5% mom di bulan Februari, tingkat yang sama seperti bulan sebelumnya.