Bursa Eropa Kuartal Pertama 2024 Naik Tinggi Dengan Meredanya Inflasi

419

(Vibiznews – Indeex) Bursa saham Eropa menutup kuartal pertama tahun 2024 naik sekitar 6,8% lebih tinggi pada hari Kamis dengan meredanya data inflasi baru-baru ini.

Indeks Stoxx 600 ditutup 0,23% lebih tinggi hari ini, setelah mencapai rekor tertinggi sepanjang masa di bulan Maret – naik di atas 513 poin selama sesi tersebut. Itu adalah kuartal terbaik dalam setahun, menurut data Lseg, dan bulan terbaik sejak Desember 2023.

Pasar Eropa akan tetap tutup pada Jumat Agung dan Senin Paskah, dengan sebagian besar perdagangan di wilayah tersebut tidak dilanjutkan hingga Selasa.

Indeks FTSE 100 berakhir naik 0,26%.
Indeks DAX ditutup menguat 0,15%.
Indeks CAC 40 berakhir naik tipis 0,01%.

Saham perjalanan, yang memimpin kenaikan sepanjang hari, naik sekitar 0,95%, sementara utilitas turun 0,5%. JD Sports Fashion melonjak sebanyak 16% pada hari Kamis setelah perusahaan mengeluarkan pembaruan perdagangan yang menenangkan kekhawatiran investor tentang prospek pengecer.

Di sisi data, angka produk domestik bruto pada hari Kamis mengkonfirmasi bahwa ekonomi Inggris jatuh ke dalam resesi pada tahun 2023 dengan kontraksi 0,3% pada kuartal terakhir. Sementara itu, badan statistik Jerman mengatakan lapangan kerja sedikit lebih tinggi pada bulan Februari.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa pada awal bulan April mendatang akan mencermati data manufaktur zona Eropa dan inflasi Jerman bulan Maret, yang jika terealisir turun, akan menekan bursa Eropa.