Hang Seng Awal Pekan Cetak Gain dari Pengumuman Regulator Sekuritas Tiongkok

212
hang seng

(Vibiznews – Indeks) – Perdagangan saham di bursa Hong Kong awal pekan pada hari Senin (22/4/2024) berhasil mengangkat posisi indeks utamanya merespon pengumuman regulator pasar sekuritas Tiongkok

Indeks harian Hang Seng rebound kuat dari kisaran terendah dalam 6 pekan oleh aksi bargain hunting saham di semua sektor.

Regulator Sekurita Tiongkok umumkan reformasi untuk meningkatkan status Hong Kong sebagai pusat keuangan.

Regulator tersebut akan memfasilitasi pencatatan saham di Hong Kong oleh perusahaan-perusahaan terkemuka Tiongkok, dan memperkuat skema investasi lintas batas Stock Connect untuk mendukung status pulau tersebut sebagai pusat keuangan internasional.

Selain itu pasar juga menyambut baik keputusan bank sentral Tiongkok untuk mempertahankan suku bunga pinjaman utamanya setelah PDB Q1 yang solid meredakan kekhawatiran terhadap kesehatan perekonomiannya.

Indeks Hang Seng melonjak 1,77% pada posisi 16,511.69 dan indeks saham Cina Enterprise (HSCE) naik 1,47% menjadi 5.831,26.

Untuk indeks Hang Seng berjangka bulan April 2024 bergerak positif dengan melonjak 1,67% di posisi 16520.

Saham kapital besar sebagai penggerak Hang Seng adalah Meituan (5.6%), Nongfu Spring (3.5%), Chow Tai Fook Jewellery (3.1%), dan Galaxy Ent. (2,7%).