Indeks Harga PCE Inti AS Bulan April Melambat; PCE Utama Sesuai Perkiraan

411
wall street
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Indeks harga PCE inti AS, ukuran pilihan Federal Reserve untuk mengukur inflasi, naik 0,2% dari bulan sebelumnya pada bulan April 2024 setelah kenaikan sebesar 0,3% pada bulan Maret, kenaikan paling lambat sejauh ini pada tahun 2024, dan di bawah ekspektasi pasar sebesar kenaikan 0,3%.

Sementara itu, indeks harga PCE utama naik 0,3%, sama seperti pada bulan Maret dan Februari.

Selain itu, inflasi PCE tahunan tetap sebesar 2,7%, menyamai rekor tertinggi dalam 4 bulan di bulan Maret, dan tingkat inflasi PCE inti tahunan sebesar 2,8%, terendah sejak Maret 2021.

Para pejabat Fed lebih memilih data PCE dibandingkan indeks harga konsumen, yang disusun oleh Departemen Tenaga Kerja. Pengukuran yang dilakukan Departemen Perdagangan memperhitungkan perubahan perilaku konsumen seperti mengganti barang-barang yang lebih murah dengan barang-barang alternatif yang lebih mahal, dan memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan CPI.

Kenaikan harga energi sebesar 1,2% membantu mendorong kenaikan harga utama. Harga pangan mencatat penurunan 0,2% pada bulan tersebut.

Harga barang naik 0,2% sementara jasa naik 0,3%, melanjutkan tren normalisasi perekonomian di mana jasa dan konsumsi memberikan banyak dorongan.