Kospi 31 Mei Dibuka Kuat oleh Aksi Pembelian Saham Murah

133
kospi

(Vibiznews – Index) – Bursa Korea Selatan membuka perdagangan akhir pekan hari Jumat (31/5/2024) membalikkan sebagian kerugian sesi sebelumnya selama 3 hari berturut.

Indeks harian Kospi rebound dari posisi terendah dalam 4 pekan yang dicapai perdagangan sebelumnya karena aksi bargain hunting , dipicu oleh turunnya imbal hasil obligasi AS.

Koreksi imbal hasil obligasi AS semalam dari ppuncak tingginya merespon laporan data perkiraan kedua PDB AS Q1-2024 yang lebih rendah dari proyeksi sebelumnya.

Turunnya data PDB AS tersebut meningkatkan harapan bahwa Federal Reserve berada di jalur yang tepat untuk menurunkan suku bunga setidaknya sekali sebelum akhir tahun.

Dari laporan ekonomi Korea Selatan, sentimen dipengaruhi oleh rilis data produksi industri Korea Selatan di Korea Selatan naik 2,2% bulan ke bulan di bulan April, setelah direvisi turun 3%% di bulan Maret.

Indeks acuan KOSPI naik 0,4% menjadi sekitar 2,644 poin, demikian dengan indeks berjangka Kospi 200 bulan Mei 2024 naik 0,61% ke posisi 360.89.

Secara sektoral, lonjakan saham-saham sektor keuangan menyumbang kekuatan dari KB Financial (3,2%), Shinhan Financial (5%), dan Hana Financial (2,8%).

Saham kapital besar lainnya yang menguat seperti Samsung Electronics (1%), LG Energy Solution (0,6%), Kia Corp (0,9%), dan LG Chem (1,6%).