Imbal Hasil Treasury AS Jumat Bergerak Turun Terpengaruh Penurunan Inflasi

309
bonds

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS bergerak turun pada hari Jumat terpengaruh penurunan inflasi AS.

Imbal hasil Treasury 10 tahun sekitar 4,207%, turun 3 basis poin. Imbal hasil Treasury 2 tahun datar di 4,688%.

Menurunnya imbal hasil Treasury terjadi setelah indeks harga produsen, yang merupakan ukuran inflasi di tingkat grosir, turun 0,2% di bulan Mei, lebih rendah dari ekspektasi ekonom yang memperkirakan kenaikan 0,1% dan kenaikan 0,5% di bulan April.

Inflasi utama dan inti PPI AS secara signifikan lebih rendah dari perkiraan, memperkuat pandangan bahwa tekanan inflasi akhirnya mulai mereda.

Angka-angka tersebut menambah rilis data lainnya pada minggu ini, dengan klaim pengangguran awal mingguan mencapai level tertinggi dalam 10 bulan, dan harga konsumen datar untuk bulan Mei – 0,1 poin persentase di bawah ekspektasi.

Data-data tersebut telah membuat investor semakin percaya diri mengenai prospek penurunan suku bunga oleh Federal Reserve AS.

The Fed pada hari Rabu memilih untuk mempertahankan suku bunga tetap pada 5,25%-5,50% dan mengindikasikan bahwa hanya akan ada satu pemotongan pada tahun ini.

Data yang dirilis pada hari Jumat mencakup survei konsumen Universitas Michigan untuk bulan Juni, dan data impor dan ekspor AS untuk bulan Mei.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, imbal hasil Treasury AS akan bergerak lemah terpengaruh meredanya data inflasi AS yang meningkatkan sentimen The Fed akan menurunkan suku bunganya tahun ini.