Indeks Nikkei Akhir Pekan Ditutup Naik Setelah BOJ Pertahankan Suku Bunga Tetap

47
nikkei

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei pada akhir pekan hari Jumat berakhir turun, membalikkan penurunan dari awal sesi karena Bank of Japan memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah pada bulan Juni seperti yang diperkirakan secara luas, setelah melakukan kenaikan suku bunga pertama dalam tujuh tahun pada pertemuan bulan Maret.

Indeks Nikkei 225 naik 0,24% menjadi ditutup pada 38,814 sementara Indeks Topix yang lebih luas naik 0,54% menjadi 2,747.

BOJ juga mengatakan pihaknya akan membeli obligasi pemerintah Jepang dengan kecepatan saat ini dan akan memutuskan bagaimana memangkas pembelian obligasi pada pertemuan kebijakan berikutnya di bulan Juli, menentang ekspektasi pasar bahwa mereka akan mengumumkan pengurangan pembelian obligasi dalam jumlah besar di bulan ini.

Secara eksternal, saham-saham Jepang mengikuti kenaikan di Wall Street karena angka inflasi AS yang lebih rendah dari perkiraan membuat harapan penurunan suku bunga AS tetap ada.
Saham-saham teknologi memimpin penguatan, dengan kenaikan yang kuat dari Disco Corp (2,3%), SoftBank Group (3,4%) dan Renesas Electronics (2,4%).

Indeks Nikkei 225 menguat 0,34% pada minggu ini, sedangkan Indeks Topix kehilangan 0,31%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan dibayangi penutupan bursa Wall Street yang sebagian besar lemah, juga mencermati data ekonomi Tiongkok awal pekan, yang jika menurun akan dapat menekan indeks Nikkei.