Mencermati Data Ekonomi Penting dan Pernyataan Pejabat Fed Pekan Ini (17-21 Juni 2024)

197

(Vibiznews – Economy & Business) Pasar investasi global pada pekan ini akan mencermati beberapa data ekonomi penting, baik dari kawasan Asia, Eropa dan AS, juga akan diperhatikan pernyataan para pejabat Fed.

ASIA – AUSTRALIA
Memulai awal pekan, pada hari Senin, 17 Juni 2024 akan dirilis data ekonomi Tiongkok yaitu Produksi Industri Mei yang diindikasikan menurun dan Retail Sales Mei yang diindikasikan meningkat.

Pada hari Selasa, 18 Juni 2024 akan ada keputusan suku bunga dari Reserve Bank of Australia (RBA), yang diperkirakan RBA akan mempertahankan suku bunga tidak berubah.

Pada hari Jumat, 21 Juni 2024, akan dirilis datan Inflation Rate Mei Jepang, yang secara bulanan diperkirakan menurun, dan secara tahunan diperkirakan tetap.

EROPA
Dari kawasan Eropa, pada hari Selasa, 18 Juni 2024, akan dirilis data ZEW Economic Sentiment Juni Jerman yang diindikasikan meningkat.

Pada hari Rabu, 19 Juni 2024, akan dirilis data Inflation Rate Mei Inggris yang diindikasikan menurun.

Sedangkan pada hari Kamis, 20 Juni 2024, akan dirilis keputusan suku bunga Bank Of England (BOE) yang diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah.

Kemudian pada hari Jumat, 21 Juni 2024 akan dirilis data Retail Sales Inggris Mei yang diindikasikan meningkat, dan data Manufacturing PMI Juni Jerman yang diindikasikan meningkat.

AMERIKA SERIKAT
Untuk data ekonomi AS, akan dirilis hari Selasa, 18 Juni 2024, yaitu data Retail Sales Mei yang diindikasikan meningkat.

Pada hari Kamis, 20 Juni 2024, akan dirilis data Building Permitt Mei yang diindikasikan meningkat.
Juga akan dirilis data Jobless Claim minggu lalu yang diindikasikan menurun.

Untuk AS, yang juga akan menjadi perhatian penting adalah pernyataan para pejabat Fed yang akan dicermati sinyal apakah yang akan disampaikan untuk kebijakan suku bunga AS, apakah hawkish atau dovish?
Pada Selasa, 18 Juni 2024, akan diperhatikan pernyataan pejabat Fed Harker, Fed Cook pada pagi hari dan Fed Barkin pada malam hari.
Pada Rabu, 19 Juni 2024, akan diperhatikan pernyataan pejabat Fed Kugler, Fed Logan, Fed Musalem, Fed Goolsbee.
Pada Jumat, 21 Juni 2024, akan diperhatikan pernyataan pejabat Fed Barkin lagi.

Melihat perkiraan data ekonomi, maka di kawasan Asia diperkirakan mixed, yang dapat membuat pasar Asia bergerak mixed.
Sedangkan untuk kawasan Eropa, sebagian besar data ekonomi positif, dapat memberikan dukungan positif bagi pasar saham Eropa.
Untuk kawasan AS, data ekonomi juga diindikasikan meningkat, akan memberikan dorongan untuk kenaikan pasar AS. Namun masih akan ditentukan dengan pernyataan para pejabat Fed, jika memberikan sinyal hawkish bagi suku bunga AS, akan menekan pasar saham AS dan menguatkan dolar AS. Tapi sebaliknya, jika memberikan sinyal dovish bagi suku bunga AS, akan menguatkan pasar saham AS namun menekan dolar AS.