Indeks Nikkei Rabu Ditutup Naik; Saham Toyota dan Mitsubishi Menguat

222

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei Jepang pada hari Rabu ditutup naik untuk sesi kedua berturut-turut terdukung data ekspor Jepang yang tumbuh lebih dari perkiraan pada bulan Mei di tengah lemahnya yen dan kuatnya kinerja eksternal.

Indeks Nikkei 225 naik 0,23% menjadi ditutup pada 38,571 sementara Indeks Topix yang lebih luas naik 0,47% menjadi 2,729.

Sementara itu, survei swasta menunjukkan bahwa sentimen di antara produsen besar dalam negeri menurun pada bulan Juni di tengah kekhawatiran mengenai kenaikan bahan baku dan biaya impor.

Saham-saham Jepang juga mengikuti kenaikan di Wall Street semalam yang didorong oleh reli kuat di Nvidia yang menjadikan perusahaan chip kecerdasan buatan itu sebagai perusahaan paling berharga di dunia.

Kenaikan kuat terlihat dari indeks kapital besar seperti SoftBank Group (1%), Mitsubishi Heavy Industries (3.9%), Advantest (4.1%), Toyota Motor (1.8%) dan Hitachi (1.9%).

Sementara itu, Tempus AI yang didukung SoftBank jatuh untuk hari kedua berturut-turut di Nasdaq Exchange dan sekarang turun sekitar 17% dari harga IPO $37.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan mencermati rilis data ekonomi Jepang seperti Foreign Bond Investment dan Stock Investment by Foreigners bulan Juni, yang jika hasilnya baik, akan menguatkan indeks Nikkei.