Bank of England Pertahankan Suku Bunga Tidak Berubah

188
bursa eropa

(Vibiznews – Economy & Business) Bank of England (BOE) pada hari Kamis memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuan bulan Juni, sesuai ekspektasi pasar bahkan setelah inflasi Inggris mencapai target 2%.

BOE mempertahankan suku bunga acuan bank sentral pada level tertinggi dalam 16 tahun sebesar 5,25%, yang telah dipertahankan sejak Agustus 2023.

Tujuh anggota Komite Kebijakan Moneter memilih untuk mempertahankan suku bunga, sementara dua anggota memilih untuk memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin, jumlah yang sama seperti yang terjadi pada pertemuan bank sentral bulan Mei.

Dalam sebuah pernyataan, MPC mencatat inflasi telah mencapai target bank sentral dan mengatakan indikator “ekspektasi inflasi jangka pendek” dan pertumbuhan upah telah mereda.

Data inflasi pada hari Rabu menunjukkan kenaikan harga utama melambat menjadi 2% pada bulan Mei, memenuhi target BOE, meskipun Inggris mengalami lonjakan inflasi yang lebih tajam selama dua tahun terakhir.

Namun, para ekonom mengatakan tingginya tingkat layanan dan inflasi inti di Inggris menunjukkan potensi tekanan kenaikan yang berkelanjutan.

Bank of England masih berada di jalur penurunan suku bunga pada bulan Agustus, kata para ekonom.