Indeks Nikkei Senin Ditutup Naik Terpicu Pelemahan Yen; Saham Toyota dan Mitsubishi Menguat

207
nikkei

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei Jepang hari Senin berakhir naik terpicu pelemahan mata uang Yen.

Indeks Nikkei 225 naik 0,54% menjadi ditutup pada 38,804 sementara Indeks Topix yang lebih luas naik 0,57% menjadi 2,740.

Mata uang Yen melemah, terdepresiasi menuju 160 per dolar, berpotensi tenggelam lagi ke posisi terendah dalam tiga dekade.
Melemahnya mata uang Yen meningkatkan prospek industri-industri Jepang yang banyak mengekspor dan membuat aset-aset Jepang lebih murah bagi investor asing.

Investor juga menantikan lebih banyak laporan ekonomi domestik minggu ini termasuk data penjualan ritel, produksi industri dan pengangguran untuk bulan Mei, serta angka inflasi Tokyo untuk bulan Juni.

Kenaikan kuat terlihat dari indeks kapital besar seperti SoftBank Group (0,8%), Toyota Motor (2,5%), Mitsubishi UFJ (2,1%), Socionext (0,9%) dan Nippon Tel (1,6%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika memberikan hasil positif, akan menguatkan indeks Nikkei. Sebaliknya jika bursa Wall Street ditutup negatif, dapat menekan indeks Nikkei.