Indeks Nikkei Selasa Ditutup Naik Tertinggi 2 Minggu Terpicu Pelemahan Yen

156
nikkei
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei pada hari Selasa ditutup naik mencapai level tertinggi dua minggu terpicu pelemahan mata uang Yen yang meningkatkan prospek keuntungan untuk Industri Jepang yang bergantung pada ekspor.

Indeks Nikkei 225 naik 0,95% menjadi ditutup pada 39,173 sementara Indeks Topix yang lebih luas naik 1,72% menjadi 2,787.

Data juga menunjukkan indeks harga produsen jasa Jepang naik 2,5% di bulan Mei, melambat dari kenaikan 2,7% di bulan April.

Investor menantikan lebih banyak laporan ekonomi domestik minggu ini termasuk data penjualan ritel, produksi industri dan pengangguran untuk bulan Mei, serta angka inflasi Tokyo untuk bulan Juni.

Kenaikan kuat terlihat dari indeks kapital besar seperti Toyota Motor (4,6%), Mitsubishi UFJ (3,9%), Sumitomo Mitsui (3,2%), Hitachi (4,6%) dan Sony Group (1,9%).

Sementara itu, saham-saham teknologi berada di bawah tekanan karena perusahaan-perusahaan semikonduktor besar AS terus melakukan aksi jual, dengan penurunan tajam yang dialami oleh Disco Corp (-5.5%), Tokyo Electron (-1.7%) dan SoftBank Group (-0.3%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street yang jika berakhir naik akan memberikan sentimen positif bagi indeks Nikkei. Namun jika bursa Wall Street berakhir turun, akan menekan indeks Nikkei.