Indeks Nikkei Rabu Berakhir Naik Tertinggi 3 Bulan Terdukung Kenaikan Saham Teknologi

159

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei pada hari Rabu berakhir naik ke level tertinggi dalam sekitar tiga bulan terdukung kenaikan saham teknologi Jepang mengikuti rebound di Nvidia dan perusahaan terkait kecerdasan buatan lainnya.

Indeks Nikkei 225 menguat 1,26% menjadi 39,667 sementara Indeks Topix yang lebih luas naik 0,56% menjadi 2,803.

Saham-saham dalam negeri juga terus mendapatkan keuntungan dari melemahnya yen yang meningkatkan prospek keuntungan bagi industri-industri berat ekspor di Jepang, meskipun penurunan lebih lanjut dalam mata uang tersebut dapat memicu intervensi pemerintah lainnya.

Investor sekarang menantikan angka penjualan ritel Jepang, produksi industri dan angka pengangguran untuk bulan Mei, serta angka inflasi Tokyo untuk bulan Juni.

Kenaikan di sektor teknologi dipimpin oleh Disco Corp (4,7%), Lasertec (1,4%), Advantest (7%), Tokyo Electron (3,6%) dan SoftBank Group (1,6%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika berakhir naik, akan memberikan sentimen positif bagi indeks Nikkei. Namun jika bursa Wall Street ditutup melemah, akan memberikan sentimen bearish bagi indeks Nikkei. Juga akan dicermati daya Retail Sales Mei Jepang yang jika terealisir menurun, akan menekan indeks Nikkei.