Bursa Eropa Senin Ditutup Naik Mengamati Hasil Putaran Pertama Pemilihan Parlemen Perancis

49
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa mengakhiri hari pertama minggu perdagangan baru pada hari Senin dengan lebih tinggi, mengamati hasil putaran pertama pemilihan parlemen Perancis yang cepat.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik 0,44%, rebound dari empat kerugian berturut-turut. Hal ini didorong oleh kenaikan tajam indeks CAC 40 di Prancis, yang awalnya melonjak lebih dari 2,5% sebelum mendingin hingga naik 1,09%.

Indeks FTSE berakhir naik 0,03%.
Indeks DAX ditutup naik 0,3%.
Indeks CAC 40 berakhir menguat 1,09%.

Pasar Eropa bereaksi terhadap hasil putaran pertama pemilihan parlemen cepat di Perancis di mana terjadi peningkatan tajam dalam perolehan suara untuk partai National Rally yang anti-imigran.

Namun, hasil awal menunjukkan bahwa mereka berjuang untuk mendapatkan mayoritas absolut pada putaran kedua pemungutan suara yang berlangsung pada tanggal 7 Juli, yang menurut para analis akan menjadi hasil yang “paling buruk” dari sudut pandang pasar. Aliansi sentris Presiden Prancis Emmanuel Macron berada di posisi ketiga pada hari Minggu.

Dari segi data, inflasi di Jerman turun di lima negara bagian utama pada bulan Juni, sementara indeks harga konsumen nasional berdasarkan harmonisasi UE turun menjadi 2,5% dari 2,8% pada bulan Mei. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan angka 2,6%.

Hal ini terjadi menjelang laporan inflasi zona euro pada hari Selasa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati hasil data inflasi bulan Juni Zona Euro, yang jika terealisir turun, akan menguatkan bursa Eropa.