Indeks Nikkei Senin Ditutup Naik Terdukung Peningkatan Perusahaan Manufaktur Jepang

30
nikkei

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei Jepang ditutup naik pada hari Senin terdukung peningkatan pertumbuhan perusahaan manufaktur Jepang.

Indeks Nikkei 225 naik 0,12% menjadi ditutup pada 39,631 sementara Indeks Topix yang lebih luas naik 0,52% menjadi 2,824.

Data menunjukkan bahwa kepercayaan di antara perusahaan-perusahaan manufaktur besar Jepang mencapai titik tertinggi dalam dua tahun pada kuartal kedua di tengah membaiknya prospek ekonomi.

Sementara itu, revisi kedua menunjukkan bahwa perekonomian Jepang mengalami kontraksi pada tingkat tahunan sebesar 2,9% pada kuartal Januari-Maret, penurunan yang lebih tajam dari angka sebelumnya sebesar 1,8% karena revisi belanja pekerjaan umum menjadi jauh lebih lemah.

Angka-angka terbaru ini mengaburkan prospek kebijakan moneter Bank of Japan menjelang pertemuan bulan ini.

Kenaikan penting terlihat dari indeks kapital besar seperti Mitsubishi UFJ (1,2%), SoftBank Group (1,1%), Kawasaki Kisen (6,8%), Hitachi (3,3%) dan Socionext (1,1%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan mencermati penutupan bursa Wall Street, jika ditutup positif akan memberikan dukungan bagi indeks Nikkei.