Powell Menyatakan Kepuasan Atas Kemajuan Dalam Penurunan Inflasi AS

167

(Vibiznews – Economy & Business) Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell menyatakan kepuasannya atas kemajuan penurunan inflasi selama setahun terakhir tetapi mengatakan ingin melihat lebih banyak penurunan inflasi lagi sebelum cukup percaya diri untuk mulai menurunkan suku bunga. Demikian disampaikan Powell di forum bank sentral di Sintra, Portugal, pada hari Selasa (02/07/2024).

Powell menekankan bahwa angka inflasi terakhir dan sebelumnya ada pada tingkat yang lebih rendah, menunjukkan bahwa sedang kembali ke jalur disinflasi. Namun The Fed ingin lebih yakin bahwa inflasi bergerak turun secara berkelanjutan menuju 2% sebelum memulai proses pengurangan atau pelonggaran kebijakan.

Komentar tersebut muncul ketika pasar mencermati pergerakan The Fed dan bank sentral global seiring dengan indikasi inflasi yang menunjukkan tanda-tanda pelonggaran dan beberapa bank sentral, termasuk ECB, perlahan-lahan mulai menurunkan suku bunganya.

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) Departemen Perdagangan, yang menjadi fokus The Fed sebagai pengukur inflasi utama, naik sebesar 2,6% secara tahunan di bulan Mei. Tingkat tersebut terus menurun setelah berada di kisaran 4% pada tahun lalu, meskipun para pengambil kebijakan memperkirakan angka tersebut tidak akan mencapai target The Fed sebesar 2% hingga tahun 2026.

Meskipun Powell mengatakan ia melihat adanya kemajuan dalam inflasi, Powell menyatakan sangat menyadari bahwa jika melakukannya terlalu cepat, akan dapat membatalkan pekerjaan baik yang telah dilakukan. Namun jika terlambat, akan dapat menghambat pemulihan dan ekspansi.

Risiko bergerak terlalu lambat dibandingkan terlalu cepat telah menjadi lebih seimbang tahun ini karena inflasi telah surut dan perekonomian serta pasar tenaga kerja tetap kuat, tambah Powell.

Awal tahun ini, pasar memperkirakan setidaknya enam kali penurunan suku bunga The Fed masing-masing sebesar seperempat poin persentase. Berjalannya waktu, pasar telah menyesuaikan dengan mengantisipasi dua penurunan, satu pada bulan September dan satu lagi sebelum akhir tahun. Namun, anggota Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang menetapkan tingkat suku bunga pada pertemuan bulan Juni hanya memperkirakan hanya satu penurunan suku bunga.

Ketika ditanya apakah menurutnya The Fed akan melakukan pemangkasan suku bunga pada bulan September, Powell menjawab tidak akan membahas tanggal tertentu pada hari ini.