Indeks Nikkei Senin Ditutup Turun Menantikan Data Inflasi AS

64
nikkei
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei hari Senin ditutup turun dengan kehati-hatian menjelang rilis data inflasi AS minggu ini yang dapat memberikan pertimbangan kebijakan suku bunga Federal Reserve selanjutnya.

Indeks Nikkei 225 turun 0,32% menjadi ditutup pada 40.781 sementara Indeks Topix yang lebih luas turun 0,57% menjadi 2.868.

Data upah riil Jepang turun 1,4% pada bulan Mei karena pertumbuhan upah nominal tertinggal dibandingkan tingkat inflasi konsumen inti selama 26 bulan berturut-turut, yang merupakan pukulan terhadap upaya Bank of Japan dalam menormalisasi kebijakan moneter.

Sementara itu, surplus transaksi berjalan Jepang melebihi perkiraan pada bulan Mei.

Kerugian signifikan terlihat dari indeks kapital besar seperti Hitachi (-1.7%), Toyota Motor (-1%), Kawasaki Kisen (-4.5%), Mitsubishi UFJ (-1.4%) dan Nippon Tel (-1%).

Sebaliknya, SoftBank Group naik 0,4% karena investasi terkait teknologi dan AI terus meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika berakhir positif akan dapat memberikan dukungan positif bagi indeks Nikkei. Namun jika bursa Wall Street berakhir turun, akan dapat memberikan sentimen bearish bagi indeks Nikkei.