Indeks Nikkei Selasa Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa Terdukung Pelemahan Yen dan Antusiasme AI

138

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei Selasa berakhir melonjak mencapai rekor tertinggi baru sepanjang masa, terdorong pelemahan mata uang Yen dan antusiasme terhadap kecerdasan buatan dan teknologi terkait.

Indeks Nikkei 225 melonjak sebanyak 1,96% menjadi ditutup pada 41,580.

Saham-saham Jepang juga mengikuti kenaikan di Wall Street semalam di mana S&P 500 dan Nasdaq Composite menetap di rekor tertinggi baru di tengah dorongan dari saham-saham chip yang terkait dengan AI.

Selain itu, turunnya ekspektasi inflasi konsumen AS mendukung ekspektasi penurunan suku bunga Federal Reserve.

Kenaikan di sektor teknologi dipimpin oleh SoftBank Group (4,1%), Disco Corp (2,5%), Tokyo Electron (3,8%), Advantest (4,1%) dan Screen Holdings (2,8%).

Hitachi juga melonjak 5,2% lagi, mencapai rekor tertinggi baru setelah perusahaan tersebut mendorong solusi AI industri. Perusahaan Jepang ini baru-baru ini mengumumkan kemitraan dengan Singtel yang bertujuan untuk mengintegrasikan aplikasi AI industri Hitachi dengan platform Paragon Singtel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street yang akan dipengaruhi pernyataan ketua The Fed Jerome Powell. Jika Powell mensinyalkan hawkish bagi suku bunga AS, akan menekan bursa Wall Street dan indeks Nikkei. Namun sebaliknya, jika Powell mensinyalkan dovish bagi suku bunga AS, akan menguatkan bursa Wall Street dan indeks Nikkei.