Indeks Nikkei Rabu Berakhir Naik Cetak Rekor Sepanjang Masa Terdukung Saham AI dan Pelemahan Yen

146
nikkei
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei pada hari Rabu berakhir naik mencapai rekor tertinggi baru sepanjang masa terdukung peningkatan saham-saham yang terkait dengan kecerdasan buatan dan melemahnya yen.

Indeks Nikkei 225 ditutup naik 0,61% pada 41.832. Indeks Topix yang lebih luas juga naik 0,47% menjadi 2.909, tertinggi dalam 34 tahun.

Saham-saham Jepang juga mengikuti kenaikan di Wall Street setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell memperingatkan bahwa mempertahankan kebijakan yang ketat terlalu lama dapat menghambat pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, data menunjukkan indeks harga barang korporasi Jepang meningkat 2,9% tahun ke tahun di bulan Juni, angka tertinggi sejak Agustus tahun lalu.

Kenaikan penting terlihat dari indeks kapital besar seperti Disco Corp (2,5%), Mitsubishi UFJ (1,5%), Sony Group (1,6%), Tokyo Electron (1,1%) dan Fast Retailing (1,4%).

Dalam berita perusahaan, Recruit Holdings melonjak 3,6% setelah mengungkapkan bahwa mereka akan membeli kembali 5,7% saham beredarnya selama periode satu tahun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan mencermati pernyataan ketua The Fed Jerome Powell berikutnya, yang jika memberikan sinyal hawkish bagi kebijakan suku bunga AS, akan dapat menekan bursa Wall Street dan indeks Nikkei. Namun jika pernyataan Powell memberikan sinyal dovish kebijakan suku bunga AS, akan menguatkan bursa Wall Street dan indeks Nikkei.