Indeks Nikkei Kamis Ditutup Naik Cetak Rekor Tertinggi Baru; Saham Chip Melonjak

72

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei hari Kamis ditutup naik mencetak rekor tertinggi baru sepanjang masa, terdukung melonjaknya saham-saham chip yang terkait dengan kecerdasan buatan dan ekspektasi penurunan suku bunga Federal Reserve.

Indeks Nikkei 225 melonjak 0,94% menjadi ditutup pada 42,224 pada hari Kamis. Indeks Topix yang lebih luas juga naik 0,69% menjadi 2.929, tertinggi dalam 34 tahun.

Di bursa Wall Street, indeks S&P 500 dan Nasdaq Composite juga mencatat rekor tertinggi baru, dengan perusahaan-perusahaan teknologi besar AS memimpin kenaikan tersebut.

Dari sisi ekonomi, data menunjukkan bahwa pesanan mesin inti di Jepang, yang merupakan indikator utama belanja modal dalam enam hingga sembilan bulan mendatang, secara tak terduga menurun pada bulan Mei.

Saham-saham teknologi memimpin kenaikan, dengan saham Disco Corp (3,4%), SoftBank Group (0,8%) dan Tokyo Electron (0,6%).

Indeks kapital besar lainnya juga membukukan kenaikan yang kuat, termasuk Sony Group (3,6%), Fast Retailing (2,3%) dan Nintendo (1,1%).

Dalam berita perusahaan, Toyota bergabung dengan konsorsium produsen mobil untuk mendukung perusahaan pengisian daya listrik IONNA yang berbasis di Amerika Utara.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan mencermati data inflasi AS bulan Juni, yang jika terealisir turun, akan mengangkat bursa Wall Street dan Indeks Nikkei.