Indeks Hang Seng Jumat Berakhir Melonjak Tertinggi 3 Minggu; Semua Sektor Menguat

119
Foto : Vibizmedia

(Vibiznews – Index) Indeks Hang Seng Hong Kong pada hari Jumat berakhir melonjak pada level tertinggi 3 minggu setelah Tiongkok membukukan surplus perdagangan pada bulan Juni, terbesar sejak Juli 2022.

Indeks Hang Seng melonjak 461 poin atau 2,6%, di 18,293, kenaikan satu hari terbesar sejak pertengahan Juni,

Indeks menguat untuk hari kedua, naik 2,8% secara mingguan, menjelang Sidang Pleno Ketiga di Tiongkok minggu depan di mana stimulus besar-besaran dapat diluncurkan selama acara tersebut.

Pada saat yang sama, investor menyambut baik langkah regulator Tiongkok yang menyetujui peningkatan persyaratan margin untuk short-selling mulai tanggal 22 Juli.

Yang menambah nada bullish adalah kenaikan moderat dalam kontrak berjangka AS menjelang musim pendapatan Q2 di Wall Street dan sebagai ekspektasi penurunan suku bunga oleh The Fed meningkat.

Kehati-hatian terhadap data PDB Tiongkok pada minggu depan membatasi dorongan bullish karena momentum pemulihan kemungkinan melemah di Triwulan ke-2 karena lesunya permintaan.

Semua sektor menguat, dengan kenaikan yang solid dari Techtronic Inds. (6.9%), Anta Sports (6.3%), CK Hutchison (5.6%), Meituan (4.9%), dan Tencent Hlds. (3,1%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya di awal pekan, indeks Hang Seng akan mencermati data PDB Q2 dan ekonomi Tiongkok lainnya, yang jika terealisir turun, akan dapat menekan indeks Hang Seng.