Indeks Hang Seng Senin Berakhir Merosot Tertekan Penurunan PDB Kuartal Kedua Tiongkok

210
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Indeks Hang Seng berakhir merosot pada hari Senin tertekan pertumbuhan PDB Tiongkok kuartal kedua yang mengecewakan.

Indeks Hang Seng merosot 277 poin atau 1,5% menjadi ditutup pada 18.016

Penurunan ini merupakan pembalikan dari kenaikan kuat dalam dua sesi sebelumnya karena meluasnya kerugian di semua sektor.
Indeks turun dari level tertinggi dalam 3 minggu pada minggu lalu.

Lonjakan pada kontrak berjangka AS membatasi penurunan tersebut, karena investor bersiap untuk laporan pendapatan perusahaan-perusahaan penting.

Sementara itu, para pemimpin utama Tiongkok telah memulai pertemuan Pleno Ketiga, dan beberapa investor menaruh harapan besar pada acara tersebut.

Di antara perusahaan-perusahaan yang mengalami penurunan terbesar dalam saham-saham berkapitalisasi besar adalah Ubtech Robotics (-7,0%), JD Health Intl. (-5.3%), Li Auto (-4.9%), Perhiasan Chow Tai Fook (-4.8%), Miniso Group (-4.6%), dan Meituan (-2.1%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street yang akan dipengaruhi komentar ketua Fed Jerome Powell bagi kebijakan suku bunga AS, yang jika bernada hawkish akan menekan bursa Wall Street dan indeks Hang Seng. Sebaliknya jika bernada dovish, akan menguatkan bursa Wall Street dan indeks Hang Seng.