Komentar Dovish Powell Tingkatkan Harapan Penurunan Suku Bunga The Fed September 2024

68
fed

(Vibiznews – Economy & Business) Komentar Ketua Federal Reserve Jerome Powell hari Senin, 15 Juli 2024, meningkatkan harapan untuk penurunan suku bunga The Fed bulan September tahun ini.

Powell berbicara di Economic Club of Washington D.C., menyatakan bahwa bank sentral tidak akan menunggu sampai inflasi mencapai 2% untuk menurunkan suku bunga.

“Implikasinya adalah jika Anda menunggu sampai inflasi turun hingga 2%, Anda mungkin menunggu terlalu lama, karena pengetatan yang Anda lakukan, atau tingkat pengetatan yang Anda miliki, masih belum berjalan”.

Karena itu The Fed mencari “keyakinan yang lebih besar” bahwa inflasi akan kembali ke level 2%.

Menurut Powell yang meningkatkan kepercayaan terhadap hal tersebut adalah data inflasi yang lebih baik, dan akhir-akhir ini The Fed telah mendapatkan sebagian dari data tersebut.

Powell juga mengatakan data ekonomi AS kuartal kedua telah memberikan keyakinan yang lebih besar kepada para pengambil kebijakan bahwa inflasi sedang menuju ke target The Fed sebesar 2%, dan mungkin membuka jalan bagi penurunan suku bunga jangka pendek.

Dengan komentar dovish Powell tersebut, pasar memperkirakan kemungkinan penurunan suku bunga sebesar -25bp sebesar 9% pada pertemuan FOMC berikutnya pada 30-31 Juli dan 100% pada pertemuan berikutnya pada 17-18 September.