Penjualan Ritel AS Bulan Juni Melambat

70
wall street
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Penjualan ritel di AS tidak bergerak pada bulan Juni, dibandingkan kenaikan 0,3% yang direvisi naik pada bulan Mei, dan sesuai dengan ekspektasi.

Penjualan lebih rendah terjadi pada SPBU yang turun 3% dan penjualan otomotif turun 2,3%. Penjualan juga turun pada toko perlengkapan olah raga, hobi, alat musik dan buku (-0.1%).

Sebaliknya, peningkatan penjualan terjadi pada pengecer non-toko (1,9%), bahan bangunan dan peralatan berkebun (1,4%), toko kesehatan dan perawatan pribadi (0,9%), toko pakaian, pakaian (0,6%), furnitur (0,6%), elektronik dan peralatan ( 0,4%), toko barang umum (0,4%), toko serba ada pengecer (0,3%), jasa makanan dan tempat minum (0,3%), dan toko makanan dan minuman (0,1%).

Tidak termasuk bensin, penjualan naik 0,2%, menyusul kenaikan 0,5% di bulan Mei.

Sementara itu, penjualan di luar jasa makanan, dealer mobil, toko bahan bangunan, dan pompa bensin, yang digunakan untuk menghitung PDB, naik 0,9%, kenaikan terbesar sejak April 2023, menyusul kenaikan 0,4%.

Secara tahunan, penjualan ritel di Amerika Serikat meningkat 2,3% tahun-ke-tahun di bulan Juni 2024, menyusul kenaikan 2,6% yang direvisi naik di bulan Mei.