Gubernur Fed Waller Yakin Penurunan Suku Bunga The Fed Akan Segera Dilakukan

52

(Vibiznews – Economy & Business) Gubernur Federal Reserve Christopher Waller menyatakan keyakinannya bahwa penurunan suku bunga akan segera dilakukan selama tidak ada kejutan besar dalam inflasi dan pasar tenaga kerja.

“Jadi meskipun saya tidak yakin kita telah mencapai tujuan akhir, saya yakin kita semakin dekat dengan waktu yang tepat untuk memangkas kebijakan suku bunga.” Demikian disampaikan Waller pada hari Rabu dalam sambutannya untuk suatu program di Fed Kansas City.

Waller merupakan salah satu anggota FOMC yang lebih hawkish tahun ini, atau mereka yang menganjurkan kebijakan moneter yang lebih ketat karena meningkatnya kekhawatiran bahwa inflasi terbukti lebih tahan lama dari perkiraan.

Waller menguraikan tiga skenario potensial dalam beberapa hari ke depan:
Pertama, di mana data inflasi menjadi lebih positif dan membenarkan penurunan suku bunga “dalam waktu yang tidak terlalu lama”;
Kedua dimana datanya berfluktuasi namun masih menunjukkan moderasi;
dan yang Ketiga ketika inflasi menjadi lebih tinggi dan memaksa The Fed mengambil kebijakan yang lebih ketat.

Menurut Waller, skenario ketiga, yaitu inflasi yang lebih kuat secara tak terduga, adalah skenario yang paling kecil kemungkinannya.

“Mengingat saya yakin dua skenario pertama memiliki kemungkinan tertinggi untuk terjadi, saya yakin waktu untuk menurunkan suku bunga kebijakan semakin dekat,” kata Waller.

Komentar Waller mendukung pernyataan beberapa pejabat Fed lainnya termasuk ketua Fed Jerome Powell, yang menunjukkan kemungkinan penurunan suku bunga tahun ini, dengan kemungkinan yang lebih kuat untuk melakukan penurunan suku bunga pada bulan September.

Para pejabat Fed menjadi lebih optimis dengan data dalam beberapa bulan terakhir yang menunjukkan penurunan inflasi setelah kenaikan yang mengejutkan dalam tiga bulan pertama pada tahun 2024.

Komentar Waller juga sejalan dengan apa yang dikatakan Presiden Fed New York John Williams kepada Wall Street Journal dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Rabu yang menyatakan bahwa data inflasi bergerak ke arah yang benar dan berjalan cukup konsisten dan membawa lebih dekat ke tren disinflasi.

Para pedagang di pasar berjangka dana fed fund memperkirakan penurunan suku bunga pada kuartal awal pada bulan September diikuti oleh setidaknya satu kali penurunan suku bunga lagi sebelum akhir tahun, menurut ukuran FedWatch CME Group.