Youtube di Smartphone Kamu Tidak Bisa Dibuka?

35

(Vibiznews – Technology) Siapa sih yang tidak tahu dengan platform yang satu ini? Platform Youtube adalah aplikasi yang sangat populer disemua kalangan baik muda dan tua, pengusaha, pelajar, guru, artis bahkan ibu rumah tangga semua menggunakan platform youtube ini untuk menyaksikan berbagai video. Mulai dari berita yang populer, podcast bahkan tips-tips yang menarik.

Tapi, harus kita perhatikan juga ada kalanya Youtube bisa mendadak error atau bermasalah sehingga tidak bisa dibuka lewat Smartphone kita baik Android bahkan iPhone. Oh yaa, apabila hal ini terjadi pada kita, jangan panik lebih dulu ya. Karena, disini kita akan memberikan beberapa langkah untuk mengatasi masalah yang ada dengan lengkap.

Yuk kita perhatikan, apa saja penyebab Youtube tidak bisa dibuka di Smartphone kita dan bagaimana cara mengatasinya

1. Gangguan pada Koneksi Internet
Penyebab pertama kita bisa memperhatikan koneksi internet di Smartphone kita apakah sedang mengalami gangguan. Karena kalau itu terjadi pasti akan menyebabkan tidak bisa memutar video di Youtube

Kalau itu terjadi, coba matikan data seluler (mobile data) selama 3-5 detik, kemudia kita bisa menyalakannya kembali. Cara ini biasanya cukup ampuh ketika kita mengalami gangguan koneksi internet.

2. Kehabisan Kuota Internet
Tanpa sadar ternyata kita sering tidak memperhatikan penggunaan kuota sehingga kehabisasn kuota Internet menjadi suatu hal yang mengejutkan bagi kita pengguna Smartphone. Jelas hal ini akan membuat kamu yang sedang asik menyaksikan Video di Youtube akan membuat kamu tidak bisa memutarnya, kecuali video yang ingin kamu tonton kamu sudah menyimpannya di video untuk ditonton secara offline, itu akan menolong kamu setika kamu kehabisa kuota internet.

3. Cache Youtube Penuh
Hal ini jarang menjadi perhatian para pengguna Youtube, Cache Youtube adalah data pengguna yang tersimpan di Smartphone, mulai dari riwayat pencarian hingga video yang telah ditonton.

Apabila terjadi cache penuh, hal ini pasti akan membuat aplikasi Youtube tidak bisa berjalan dengan baik, akan ada kelambatan bahkan kerap menjadi hang.

Cara mengatasinya kita perlu menghapus cache youtube.
Di bawah ini ada langkah-langkah yang dapat kita ikuti :

Android:
– buka menu settingan
– buka menu Apps
– Jika menemukan aplikasi youtube, pilih storage & cache
– kemudian pilih clear cache
– selesai

iPhone:
– cari aplikasi Youtube yang sudah didownload di iPhone
– klik sekitar 3 detik sampai muncul notifikasi Remove Youtube
– kemudian klik delete app
– langkah terakhir masuk ke Apps Store dan download kembali Youtube

4. RAM
Penyebab lainnya bisa juga karena Smartphone kita yang bermasalah. Yang paling umum terjadi masalah RAM yang penuh, dan biasanya hal ini terjadi pada Smartphone dengan spesifikasi minim yang jika membuka aplikasi agak besar sedikit akan error. Tak terkecuali Youtube, jadi pada saat kita mengalami hal tersebut silahkan bersihkan RAM Smartphone kita dengan menggunakan aplikasi kompres RAM

Ini adalah 4 penyebab Youtube tidak bisa dibuka di Smartphone dan cara mengatasinya. Jadi, mana yang membuat kamu tidak bisa memutar Youtube di Smartphone? semoga ini dapat membantu kamu, selamat mencoba…