Indeks Nikkei Selasa Ditutup Turun Terpicu Prospek Peningkatan Suku Bunga Jepang

61
nikkei

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei turun tipis pada hari Selasa di tengah meningkatnya ekspektasi bahwa Bank of Japan akan menaikkan suku bunga minggu depan.

Indeks Nikkei turun tipis 0,01% menjadi ditutup pada 39,594 sementara Indeks Topix yang lebih luas naik 0,21% menjadi 2,833.

Penguatan yen juga membebani saham-saham lokal karena berdampak buruk pada prospek keuntungan industri-industri Jepang yang banyak mengekspor, sekaligus menjadikan aset-aset Jepang lebih mahal bagi investor asing.

Namun, rebound yang dipicu sektor teknologi di Wall Street semalam menjaga indeks dari kerugian lebih lanjut di tengah meredanya kekhawatiran pemilu di AS, sementara para pedagang menantikan laporan pendapatan perusahaan teknologi besar.

Di antara saham-saham individu, raksasa pelayaran Jepang membukukan kenaikan yang kuat karena ketatnya pasar kapal kontainer meningkatkan prospek keuntungan untuk sektor ini, termasuk Nippon Yusen (8,2%), Kawasaki Kisen (6,4%) dan Mitsui OSK (5,3%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika positif akan memberikan dukungan kenaikan. Namun sebaliknya jika turun, akan memberikan sentimen negatif bagi indeks Nikkei.