Bursa Hong Kong Kamis Ditutup Merosot Tertekan Pelemahan Bursa Wall Street

92
Hong Kong - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Hong Kong ditutup merosot tertekan pelemahan bursa Wall Street setelah data manufaktur AS menurun dan buruknya pendapatan Alphabet dan Tesla.

Indeks Hang Seng anjlok 306 poin atau 1,8% dan berakhir pada posisi terendah 3 bulan di 17,005.

Investor juga gelisah setelah operasi pinjaman tidak terjadwal dengan suku bunga yang jauh lebih rendah oleh bank sentral Tiongkok saat ini dapat berarti tantangan ekonomi yang lebih berat di negara tersebut.

Selain itu, kekhawatiran meningkat bahwa kepemimpinan Donald Trump dapat memicu ketegangan perdagangan antara AS dan Tiongkok.

Sementara itu, dorongan dari Beijing untuk mengembangkan teknologi canggih sejauh ini belum mampu mengatasi kemerosotan properti dan lemahnya konsumsi.

Semua sektor melemah, dengan konsumen dan teknologi masing-masing merosot sekitar 2%.

Tencent Hlds merosot 3,1% dan Meituan anjlok 5,6%. Saham lain yang mengalami penurunan tajam adalah Zhaojin Mining Ind. (-10.1%), Pop Mart Intl. (-6.9%), Innovent Biologics (-4.2%), dan Manufaktur Semikon (-3.2%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Hong Kong akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang akan dipengaruhi data ekonomi Durable Goods Orders Juni dan PDB kuartal kedua AS. Jika bursa Wall Street ditutup turun, akan menekan bursa Hong Kong. Namun jika bursa Wall Street ditutup naik, akan memberikan sentimen positif bagi bursa Hong Kong.