Bursa Hong Kong Senin Berakhir Naik Terbantu Prospek Penurunan Suku Bunga The Fed Tahun Ini

57
Foto : Vibizmedia

(Vibiznews – Index) Bursa saham Hong Kong pada hari Senin berakhir naik setelah saham berjangka AS naik setelah data inflasi PCE yang rendah meningkatkan prospek bahwa The Fed akan memangkas suku bunga tahun ini.

Indeks Hang Seng melonjak 217 poin atau 1,3% hingga ditutup pada 17.238.

The Fed akan mengadakan pertemuan Juli minggu ini dan mungkin mengisyaratkan rencananya untuk penurunan suku bunga pada bulan September.

Pasar juga mengantisipasi pertemuan Politbiro mendatang di Tiongkok, berharap Beijing akan tetap dengan sikap pelonggarannya untuk sisa tahun ini setelah langkah tak terduga oleh PBoC minggu lalu untuk menurunkan beberapa suku bunga minggu lalu.

Yang membatasi kenaikan adalah kehati-hatian menjelang pembacaan PMI dari pemerintah dan perusahaan swasta akhir minggu ini.

Semua sektor menunjukkan kenaikan, dengan Tencent Hlds yang sangat besar naik 1,7%. Saham pemenang lainnya di bawah kapitalisasi besar adalah Techtronic Inds. (3,9%), Xiaomi Corp. (3,3%), dan BOC Aviation (2,0%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Hong Kong akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street yang jika ditutup naik, akan memberikan sentimen positif bagi bursa Hong Kong. Namun sebaliknya hasil penutupan turun, akan memberikan sentimen bearish bagi bursa Hong Kong.