Bursa Jepang Senin Ditutup Melonjak Terdukung Rebound Saham Teknologi

46
Tokyo Stock Exchange - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Jepang pada hari Senin ditutup melonjak naik dari level penutupan terendah tiga bulan di tengah rebound pada saham teknologi.

Indeks Nikkei 225 melonjak 2,13% hingga ditutup pada level 38.468 sementara Indeks Topix yang lebih luas naik 2,23% menjadi 2.760.

Bursa saham Jepang juga mengikuti kenaikan di Wall Street pada hari Jumat dengan rilis inflasi PCE AS terbaru memperkuat harapan bahwa Federal Reserve akan mulai memangkas suku bunga pada bulan September.

Pasar memperkirakan bahwa BOJ akan menaikkan suku bunga sebesar 10 basis poin menjadi 0,1% dan secara luas diharapkan untuk mengumumkan rencana pengurangan pembelian obligasi.
Keuntungan di sektor teknologi dipimpin oleh Disco Corp (3,2%), Tokyo Electron (3,7%) dan SoftBank Group (2,3%). Kelas berat indeks lainnya juga naik, termasuk Mitsubishi Heavy Industries (3,4%), Toyota Motor (2%) dan Shin-Etsu Chemical (8,6%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street yang jika ditutup naik, akan memberikan sentimen positif bagi bursa Jepang. Namun sebaliknya hasil penutupan turun, akan memberikan sentimen bearish bagi bursa Jepang.