Bursa Jepang Selasa Berakhir Naik Tipis Menantikan Keputusan Suku Bunga BOJ

146
Tokyo Stock Exchange - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Jepang pada hari Selasa berakhir naik tipis dengan kehati-hatian menantikan keputusan kebijakan suku bunga Bank of Japan.

Indeks Nikkei 225 naik 0,15% hingga ditutup pada level 38.526 sementara Indeks Topix yang lebih luas turun 0,19% menjadi 2.754.

Ada spekulasi bahwa BOJ akan menaikkan suku bunga sebesar 10 basis poin menjadi 0,1%, sementara secara luas diperkirakan akan mengumumkan rencana pengurangan pembelian obligasi.
Investor juga mencerna data yang menunjukkan tingkat pengangguran Jepang secara tak terduga turun menjadi 2,5% pada bulan Juni, meskipun rasio pekerjaan terhadap pelamar sedikit melemah di level 1,23.

Pasar juga menunggu keputusan kebijakan terbaru dari Federal Reserve dan Bank of England minggu ini.

Keuntungan signifikan terlihat dari saham-saham unggulan indeks seperti Tokyo Electron (0,8%), Asics (1,5%) dan Toyota Motor (1%), sementara kerugian tajam terlihat pada Disco Corp (-1,7%), Mitsubishi UFJ (-1,5%) dan Rakuten Group (-1,6%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati data Retail Sales dan Produksi Industri Jepang bulan Juni, jika terealisir turun, akan menekan bursa Jepang. Namun juga akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika ditutup positif, akan memberikan dukungan bagi bursa Jepang. Namun jika ditutup turun, akan memberikan sentimen bearish bagi bursa Jepang. Juga menjelang siang hari akan menantikan keputusan kebijakan suku bunga BOJ, jika terealisir menaikkan suku bunga, akan menekan bursa Jepang.