Pertumbuhan Ekonomi Q2 2024 Zona Euro Naik Melebihi Perkiraan; Ekonomi Jerman Negatif

158

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan ekonomi zona Euro naik lebih dari yang diperkirkaan pada kuartal kedua tahun 2024, menurut data kantor statistik Uni Eropa pada hari Selasa.

Produk domestik bruto zona Euro naik sebesar 0,3% dalam tiga bulan hingga akhir Juni dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Para ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan sebesar 0,2% secara triwulanan.

PDB kuartal pertama dikonfirmasi sebesar 0,3%, tidak berubah dari pembacaan awal yang diumumkan awal tahun ini.

Data yang dirilis sebelumnya PDB kuartal kedua Jerman, ekonomi terbesar zona euro, secara tak terduga menyusut sebesar 0,1%, berada di bawah ekspektasi analis yang disurvei oleh Reuters, yang mengantisipasi PDB negara itu tumbuh sebesar 0,1%.

Jerman adalah satu dari empat negara yang PDB-nya turun dalam tiga bulan hingga akhir Juni, menurut kantor statistik Uni Eropa. Latvia, Swedia, dan Hongaria adalah tiga negara lain yang mencatat kontraksi.

Klaus Wohlrabe, kepala survei di ifo, mengatakan dalam catatan hari Rabu bahwa ekonomi Jerman “terjebak dalam krisis” dan juga tidak diharapkan membaik banyak pada kuartal ketiga.

Sementara itu, Irlandia mencatat pertumbuhan terbesar sebesar 1,2% pada kuartal kedua, sementara ekonomi terbesar kedua di zona euro, Prancis, mencatat pertumbuhan PDB sebesar 0,3% selama periode yang sama, menurut kantor statistiknya pada hari Selasa.