Bursa Hong Kong Jumat Ditutup Naik Dengan Meredanya Kekhawatiran Perlambatan Ekonomi AS

256
Hong Kong - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Hong Kong ditutup naik pada hari Jumat terpicu penguatan bursa Wall Street yang didukung meredanya kekhawatiran perlambatan ekonomi AS setelah penurunan klaim pengangguran mingguan.

Indeks Hang Seng melonjak 198 poin atau 1,2% hingga ditutup pada 17.090 pada hari Jumat

Sementara itu, data CPI Tiongkok menunjukkan harga konsumen naik ke level tertinggi 5 bulan sebesar 0,5% yoy pada bulan Juli, di tengah tanda-tanda kenaikan harga pangan dan kenaikan lebih lanjut dalam harga non-pangan.

Indeks melonjak 0,85% untuk minggu ini setelah penurunan dalam tiga periode sebelumnya.

Semua sektor mendukung kenaikan, teknologi melonjak 2,1% setelah pendapatan Taiwan Semicon Manufacturing naik 45% pada bulan Juli, karena permintaan yang kuat untuk chip AI.

Membatasi momentum bullish adalah kewaspadaan menjelang data aktivitas Tiongkok minggu depan, termasuk output industri dan perdagangan ritel.

Beberapa perusahaan dengan kinerja terbaik pada hari itu adalah Li Auto (5,5%), Semicon Manufacturing (5,4%), BYD Electronic (3,4%), dan Xiaomi Corp. (2,5%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya di awal pekan, bursa Hong Kong akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika berakhir naik dengan meredanya kekhawatiran perlambatan ekonomi AS, akan memberikan sentimen positif bagi bursa Hong Kong.