Bursa Jepang Akhir Pekan Berakhir Naik Mengikuti Penguatan Bursa Wall Street

226
Tokyo Stock Exchange - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Jepang berakhir naik pada hari Jumat mengikuti kenaikan bursa Wall Street setelah data klaim pengangguran AS yang lebih baik dari perkiraan meredakan kekhawatiran akan perlambatan ekonomi AS.

Indeks Nikkei 225 naik 0,56% hingga ditutup pada level 35.025 sementara Indeks Topix yang lebih luas naik 0,88% menjadi 2.483.

Sementara itu, investor terus menilai prospek kebijakan moneter di Jepang karena pejabat bank sentral mengisyaratkan kesiapan untuk menaikkan suku bunga lebih lanjut, tetapi menjadi lebih berhati-hati karena volatilitas pasar meningkat.

Saham teknologi dan terkait chip memimpin kenaikan, dengan keuntungan besar dari Tokyo Electron (0,7%), SoftBank Group (4,9%) dan Recruit Holdings (6,8%).

Saham keuangan juga membukukan keuntungan penting, termasuk Mitsubishi UFJ (1,2%) dan Sumitomo Mitsui (3,7%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya di awal pekan, bursa Jepang akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika berakhir naik dengan meredanya kekhawatiran perlambatan ekonomi AS, akan memberikan sentimen positif bagi bursa Jepang.