Imbal Hasil Treasury AS Jumat Merosot Terpicu Penguatan Sentimen Pemangkasan Suku Bunga Fed September

152

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS turun pada hari Jumat dengan sentimen investor beralih lagi kepada pemangkasan suku bunga The Fed pada bulan September ini.

Imbal hasil Treasury AS 10 tahun turun 5,3 basis poin menjadi 3,873%.

Imbal hasil Treasury AS 2 tahun turun 6,8 basis poin menjadi 4,033%.

Imbal hasil Treasury AS telah melonjak pada hari Kamis setelah angka penjualan ritel AS untuk bulan Juli jauh lebih tinggi dari yang diharapkan, melonjak 1% dalam sebulan. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones telah memperkirakan kenaikan sebesar 0,3%.

Data tersebut menunjukkan bahwa belanja konsumen kuat, dan karena itu meredakan kekhawatiran akan resesi atau perlambatan ekonomi. Klaim pengangguran awal mingguan juga berada di bawah ekspektasi pada hari Kamis, meredakan kekhawatiran tentang keadaan pasar tenaga kerja.

Namun sentimen pemangkasan suku bunga pada bulan September kembali menguat, didorong oleh data inflasi yang dirilis minggu ini. Indeks harga konsumen naik 0,2% secara bulanan pada bulan Juli, seperti yang diperkirakan, dan naik 2,9% dari tahun sebelumnya, yang kurang dari perkiraan.

Investor sekarang menantikan komentar dari pejabat Federal Reserve dalam beberapa minggu mendatang untuk mengukur pandangan mereka tentang ekonomi dan suku bunga, termasuk pada simposium Jackson Hole minggu depan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, imbal hasil Treasury AS akan bergerak lemah dengan meningkatnya sentimen pemangkasan suku bunga The Fed bulan September.