Revisi Tahunan Non Farm Payrolls AS Menunjukkan Pelemahan Tenaga Kerja AS

80

(Vibiznews – Economy & Business) Revisi tahunan untuk Non Farm Payrolls AS menyatakan 818.000 lebih sedikit pekerjaan daripada yang dilaporkan semula dalam periode 12 bulan hingga Maret 2024, demikian Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada hari Rabu.

Biro Statistik Tenaga Kerja AS mengatakan pertumbuhan pekerjaan aktual hampir 30% lebih rendah dari yang dilaporkan semula yaitu 2,9 juta dari April 2023 hingga Maret tahun ini.

Revisi terhadap tingkat penggajian total sebesar -0,5% merupakan yang terbesar sejak 2009. Angka-angka tersebut secara rutin direvisi setiap bulan, tetapi BLS melakukan revisi yang lebih luas setiap tahun ketika memperoleh hasil Sensus Pekerjaan dan Upah Triwulanan.

Pasar telah menunggu angka-angka revisi tersebut, dengan banyak ekonom memperkirakan pengurangan yang cukup besar dalam angka-angka yang dilaporkan semula.

Laporan tersebut dapat dilihat sebagai indikasi bahwa pasar tenaga kerja tidak sekuat yang dilaporkan BLS sebelumnya. Hal itu pada gilirannya dapat memberikan dorongan lebih lanjut bagi Federal Reserve untuk mulai menurunkan suku bunga.

Pada tingkat sektor, revisi penurunan terbesar terjadi pada layanan profesional dan bisnis, di mana pertumbuhan lapangan kerja berkurang 358.000. Bidang lain yang direvisi lebih rendah termasuk rekreasi dan perhotelan (-150.000), manufaktur (-115.000), dan perdagangan, transportasi, dan utilitas (-104.000).

Dalam kategori perdagangan, angka perdagangan eceran dipotong sebesar 129.000.

Beberapa sektor mengalami revisi ke atas, termasuk layanan kesehatan dan pendidikan swasta (87.000), transportasi dan pergudangan (56.400), dan layanan lainnya (21.000).

Pekerjaan pemerintah tidak banyak berubah setelah revisi, hanya bertambah 1.000.

Pekerjaan nonpertanian berjumlah 158,7 juta hingga Juli, meningkat 1,6% dari bulan yang sama pada tahun 2023. Namun, ada kekhawatiran bahwa pasar tenaga kerja mulai melemah, dengan kenaikan tingkat pengangguran menjadi 4,3% yang mewakili kenaikan 0,8 poin persentase dari level terendah dalam 12 bulan.

Pejabat Federal Reserve tetap mencermati situasi pekerjaan dengan saksama dan diperkirakan akan menyetujui pemotongan suku bunga pertama mereka dalam empat tahun saat mereka bertemu berikutnya pada bulan September.

Ketua Jerome Powell akan menyampaikan pidato kebijakan yang sangat dinantikan pada hari Jumat di pertemuan tahunan Fed di Jackson Hole, Wyoming, yang dapat menjadi petunjuk bagi kebijakan moneter yang lebih longgar di masa mendatang.