Dolar AS Jumat Merosot Terendah 7,5 Bulan Setelah Pidato Dovish Powell

51

(Vibiznews – Forex) Indeks dolar AS bergerak turun terendah dalam 7-1/2 bulan setelah pidato dovish ketua Fed Jerome Powell.

Indeks dolar AS merosot 0,59%.

Penurunan imbal hasil Treasury AS juga menekan dolar AS.

Selain itu, penguatan saham hari ini telah mengurangi permintaan likuiditas untuk dolar.

Juga ada komentar dovish dari Presiden Fed Atlanta Bostic membebani dolar ketika ia mengatakan ada kemungkinan bahwa lebih dari satu pemotongan suku bunga oleh Fed mungkin diperlukan pada akhir tahun.

Dolar menurun meskipun laporan penjualan rumah baru AS bulan Juli hari ini lebih kuat dari yang diharapkan.

Penjualan rumah baru AS bulan Juli naik +10,6% m/m ke level tertinggi 14 bulan sebesar 739.000, lebih kuat dari ekspektasi sebesar 623.000.

Powell menyatakan dengan inflasi yang hampir dikalahkan dan pasar kerja yang mendingin, Federal Reserve bersiap untuk mulai memangkas suku bunga utamanya dari level tertingginya dalam 23 tahun terakhir.

“Waktunya telah tiba untuk kebijakan disesuaikan,” kata Powell dalam pidato utamanya di konferensi ekonomi tahunan Fed di Jackson Hole, Wyoming. “Arah perjalanannya jelas, dan waktu serta kecepatan pemotongan suku bunga akan bergantung pada data yang masuk, prospek yang berkembang, dan keseimbangan risiko.”

Presiden Fed Atlanta Bostic mengatakan ada kemungkinan bahwa lebih dari satu pemotongan suku bunga oleh Fed mungkin diperlukan hingga akhir tahun karena inflasi telah melambat lebih dari yang diharapkannya.

Pasar memperkirakan peluang sebesar 100% untuk pemotongan suku bunga -25 bp pada pertemuan FOMC 17-18 September dan sebesar 33% untuk pemotongan suku bunga -50 bp pada pertemuan tersebut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks dolar AS akan bergerak lemah dengan pidato dovish Ketua The Fed Powell yang semakin memperkuat penurunan suku bunga The Fed bulan September ini.