Yen Jepang Jumat Bergerak Naik Terbantu Komentar Hawkish Gubernur BOJ

52
yen usdjpy

(Vibiznews – Forex) Mata uang Yen Jepang bergerak naik pada hari Jumat terdukung komentar Gubernur BOJ Ueda.

Pasangan mata uang USD/JPY bergerak turun -0,58%.

Yen bergerak lebih tinggi hari ini berdasarkan komentar dari Gubernur BOJ Ueda, yang mengatakan para pembuat kebijakan masih berada di jalur menuju suku bunga yang lebih tinggi.
Laporan CPI Jepang bulan Juli hari ini juga lebih kuat dari yang diharapkan, faktor yang mendukung kebijakan BOJ dan mendukung yen.

Kenaikan yen meningkat setelah imbal hasil obligasi pemerintah AS anjlok akibat komentar dovish dari Ketua Fed Powell.

Gubernur BOJ Ueda mengatakan, “Jika kami dapat memastikan kepastian yang meningkat bahwa ekonomi dan harga akan tetap sesuai dengan perkiraan, tidak ada perubahan pada pendirian kami bahwa kami akan terus menyesuaikan tingkat pelonggaran.”

CPI nasional Jepang bulan Juli tidak berubah dari bulan Juni di +2,8% thn/thn, lebih kuat dari ekspektasi pelonggaran menjadi 2,7% thn/thn. CPI nasional Jepang bulan Juli non-makanan segar dan energi turun ke +1,9% thn/thn dari +2,2% thn/thn pada bulan Juni, sesuai dengan ekspektasi dan laju peningkatan paling lambat dalam 1-3/4 tahun.

Swap memperkirakan peluang kenaikan suku bunga sebesar +10 bp oleh BOJ sebesar 0% untuk pertemuan 20 September dan sebesar +9% untuk pertemuan 30-31 Oktober.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, mata uang Yen akan bergerak naik terdukung komentar agresf Gubernur BOJ Ueda dan pernyataan dovish Powell yang mendukung penurunan suku bunga The Fed September.