Bursa Eropa Kamis Ditutup Naik Terpicu Penurunan Inflasi Jerman dan Spanyol

71
jerman
Foto : Vibizmedia

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Kamis terpicu penurunan data inflasi Jerman dan Spanyol.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup 0,74% lebih tinggi, dengan semua bursa regional utama dan sebagian besar sektor ditutup di zona hijau.

Saham teknologi memimpin kenaikan, naik 2,05%, karena investor menganalisis hasil kuartalan dari perusahaan kecerdasan buatan Nvidia. Pembuat chip AI itu mengalahkan ekspektasi dan mengeluarkan panduan yang lebih kuat dari yang diharapkan untuk kuartal yang sedang berlangsung, tetapi para pedagang telah berharap untuk mengalahkan ekspektasi dan saham lebih rendah dalam pra-pasar dan perdagangan awal.

Indeks DAX Jerman ditutup pada rekor tertinggi baru di atas 18.900 poin. Pertumbuhan produk domestik bruto yang lemah telah membebani sentimen di sekitar ekonomi terbesar di kawasan euro; namun, data yang lebih positif muncul pada hari Kamis, karena inflasi tahunan utama pada basis yang diselaraskan dengan UE mereda lebih dari yang diharapkan menjadi 2% pada bulan Agustus. Para ekonom telah memperkirakan angka 2,3%, dibandingkan dengan angka 2,6% bulan sebelumnya.

Indeks FTSE 100 ditutup naik 0,43%.
Indeks DAX berakhir naik 0,69%.
Indeks CAC 40 ditutup menguat 0,84%.

Sementara itu, inflasi awal yang diselaraskan di Spanyol mencapai 2,4% untuk bulan Agustus, turun dari angka 2,9% bulan Juli dan di bawah prediksi ekonom sebesar 2,5%.

Data inflasi memicu ekspektasi untuk pemangkasan suku bunga Bank Sentral Eropa lebih lanjut.

Pasar telah sepenuhnya memperhitungkan pemangkasan suku bunga September sebesar 25 basis poin setelah penurunan pertama bulan Juni, dengan peluang signifikan untuk dua pemangkasan lanjutan tahun ini.

Saham perusahaan pengiriman makanan Jerman Delivery Hero naik 12,5% setelah perusahaan tersebut mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka berencana untuk mendaftarkan bisnis Timur Tengahnya, Talabat, di bursa saham Dubai.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati data inflasi zona Euro bulan Agustus yang jika terealisir turun, akan menguatkan bursa Eropa.