Indeks PPI AS Bulan Agustus Sedikit Melebihi Perkiraan, Tidak Mengubah Proyeksi Pangkas Fed Rate 25bps

243
america
america

(Vibiznews – Economy) –  Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan indeks harga produsen di Amerika Serikat sedikit lebih tinggi dari perkiraan pada bulan Agustus.

Indeks harga produsen dilaporkan hari Kamis (12/9/2024)  merangkak naik sebesar 0,2% pada bulan Agustus, para ekonom memperkirakan harga produsen akan naik sedikit sebesar 0,1%.

Pada saat yang sama, laporan tersebut mengatakan tingkat pertumbuhan harga produsen tahunan melambat menjadi 1,7% pada bulan Agustus dari 2,1%  pada bulan Juli.

Peningkatan harga produsen dari tahun ke tahun diperkirakan akan melambat menjadi 1,8 persen dari 2,2 persen yang awalnya dilaporkan untuk bulan sebelumnya.

Peningkatan harga produsen bulanan yang sedikit lebih besar dari yang diharapkan sebagian besar mencerminkan pemulihan harga untuk layanan, yang naik sebesar 0,4% pada bulan Agustus setelah turun sebesar 0,3% pada bulan Juli.

Sementara harga untuk layanan transportasi dan pergudangan turun tipis sebesar 0,1%, harga untuk layanan perdagangan meningkat sebesar 0,6% dan harga untuk layanan lainnya naik sebesar 0,3%.

Departemen Tenaga Kerja mengatakan lonjakan harga sewa kamar tamu sebesar 4,8%   merupakan faktor utama dalam kenaikan harga layanan pada bulan Agustus.

Untuk harga produsen inti, yang tidak termasuk harga untuk makanan, energi dan layanan perdagangan, naik sebesar 0,3% untuk bulan kedua berturut-turut.

Tingkat pertumbuhan tahunan harga produsen inti meningkat menjadi 3,3% pada bulan Agustus dari 3,2% pada bulan Juli.

Data PPI AS kurang lebih sesuai dengan yang diharapkan dan data ini tidak mengubah proyeksi apa pun untuk keputusan kebijakan Fed minggu depan yang berpusat pada pemangkasan 25 basis poin.