Bursa Eropa Mingguan Menguat; Pemangkasan Suku Bunga ECB Memberi Dukungan

96

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada akhir pekan hari Jumat mencerna keputusan pemangkasan suku bunga ECB dan menantikan pertemuan kebijakan suku bunga Federal Reserve minggu depan.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup 0,76% lebih tinggi, dengan semua bursa utama dan hampir semua sektor mengakhiri hari di wilayah positif. Untuk minggu ini, indeks patokan ini naik 1,09%.

Indeks FTSE 100 berakhir naik 0,39%.
Indeks DAX ditutup menguat 0,98%.
Indeks CAC 40 berakhir meningkat 0,41%.

Kenaikan dipimpin saham ritel pada hari Jumat, naik 1,84%, sementara saham otomotif naik 1,6%. Saham makanan dan minuman menjadi satu-satunya yang tidak terlalu menonjol, turun 0,32%.

Saham perusahaan jasa keuangan Prancis Worldline anjlok lebih dari 19% setelah mengumumkan kepergian CEO-nya dan menyesuaikan panduan setahun penuh di tengah apa yang disebutnya sebagai “kondisi perdagangan yang lebih lambat.”

Bank Sentral Eropa (ECB) pada hari Kamis memangkas suku bunga seperti yang diperkirakan, menandai pemangkasan 25 basis poin kedua tahun ini dan menjadikan suku bunga utamanya menjadi 3,5%.

Namun, para pembuat kebijakan memberikan sedikit indikasi tentang arah kebijakan moneter, dengan Presiden Christine Lagarde mengatakan bank tidak “berkomitmen sebelumnya pada jalur suku bunga tertentu.”

Pertemuan ECB terjadi hanya beberapa hari menjelang pertemuan Federal Reserve AS pada 17-18 September, di mana diperkirakan akan memangkas suku bunganya.

Dari berita ekonomi, inflasi Prancis turun menjadi 1,8% pada bulan Agustus sebagai tanda meredanya tekanan harga di kawasan tersebut, data terbaru menunjukkan pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati pernyataan para pejabat ECB, yang jika memberikan dukungan bagi penguatan ekonomi zona Euro, akan menguatkan bursa Eropa.