Optimisnya Data Ekonomi AS dan Lonjakan Saham Micron Tinggikan Wall Street

134
wall street

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Amerika Serikat berhasil menuai untung setelah semua indeks utama bergerak fluktuatif pada perdagangan yang berakhir Jumat dinihari (27/9/2024).

Mayoritas indeks Wall Street melaju cukup kuat awal sesi ikuti lonjakan saham global yang merespon laporan pendapatan Micron Technology, sebelum kemudian terkoreksi cukup signifikan.

Kemudian indeks Wall Street melompat kembali merespon laporan ekonomi AS yang optimis, hingga mengirim S&P500 tembus rekor penutupan tertinggi baru di 5.745,37 atau naik 0,4%.

Dow Jones berakhir naik  0,6% menjadi 42.175,11 dan Nasdaq naik 0,6% menjadi 18.190,29.

Rilis data ekonomi AS yang optimis itu seperti PDB Q2-2024 yang naik 3% dan data    klaim pengangguran AS secara tak terduga turun pada minggu yang berakhir 21 September.

Lihat: Ekonomi AS Kuartal Kedua 2024 Tumbuh Kuat Terdorong Investasi Inventaris Swasta dan Belanja Pemerintah

Data klaim pengangguran turun menjadi 218.000, turun 4.000 dari level  minggu sebelumnya sebesar 222.000. Dengan penurunan yang tak terduga ini, data turun ke level terendah sejak  minggu yang berakhir pada 18 Mei.

Lihat: Klaim Pengangguran AS Turun Terendah 4 Bulan

Departemen Perdagangan juga merilis laporan yang menunjukkan pesanan baru untuk barang tahan lama buatan AS hampir tidak berubah pada bulan Agustus.

Saham Micron Technology melonjak 14,7% setelah perusahaan melaporkan hasil kuartal keempat fiskal yang lebih baik dari yang diharapkan.

Secara sektoral, saham maskapai penerbangan menunjukkan kinerja terbaiknya  dengan NYSE Arca Airline Index melonjak 5,3%. Salah satunya Southwest Airlines melonjak 5,4% setelah menaikkan panduan pendapatan kuartal ketiga.

Saham semikonduktor juga mengalami penguatan merespon  berita optimis dari Micron, yang mendorong Philadelphia Semiconductor Index naik hingga 3,5%.

Sementara itu pergerakan sebaliknya terlihat pada  saham energi bergerak turun tajam seiring dengan anjloknya harga minyak mentah.