Dolar AS Rabu Naik Tertinggi 2,5 Minggu Terdukung Ketegangan Timur Tengah dan Kenaikan Imbal Hasil Treasury AS

47

(Vibiznews – Forex) Indeks dolar AS pada hari Rabu begerak naik tertinggi 2,5 minggu terpicu peningkatan permintaan safe haven seirin g meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan peningkatan imbal hasil Treasury AS,

Indeks dolar AS bergerak naik 0,32%.

Dolar AS menguat terdukung permintaan safe haven dari meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Kenaikan dolar juga didukung lonjakan imbal hasil TreasuryAS setelah laporan ketenagakerjaan ADP AS September yang lebih kuat dari perkiraan, faktor hawkish untuk kebijakan Fed.

Selain itu, yen jatuh hari ini yang menguntungkan dolar setelah Perdana Menteri Ishiba memutuskan untuk tidak menaikkan suku bunga BOJ untuk saat ini.

Data ketenagakerjaan ADP AS September naik +143.000, menunjukkan pasar tenaga kerja yang lebih kuat dari perkiraan +125.000.

Pasar memperkirakan peluang sebesar 100% untuk penurunan suku bunga -25 bp pada pertemuan FOMC 6-7 November dan sebesar 38% untuk penurunan suku bunga -50 bp pada pertemuan tersebut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks dolar AS akan bergerak naik seiring ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan peningkatan imbal hasil Treasury AS setelah data ADP Employment Change Setember AS meningkat.