Bursa Eropa Akhir Pekan Naik Setelah NFP AS Meningkat Melebihi Perkiraan; Data Retail Sales Dicermati

47

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa berakhir dominan lebih tinggi pada akhir pekan hari Jumat setelah laporan pekerjaan AS meningkat melebihi ekspektasi.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup 0,44% lebih tinggi, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama diperdagangkan di zona hijau.

Indeks FTSE ditutup turun tipis -0,02%
Indeks DAX berakhir naik 0,55%
Indeks CAC 40 ditutup menguat 0,85%

Kenaikan dipimpin saham prbankan yang naik 1,7%, sementara saham minyak dan gas naik 1,6%, melanjutkan kenaikannya karena kekhawatiran pasokan setelah Presiden AS Joe Biden mengisyaratkan Israel dapat menargetkan industri minyak Iran karena konflik Timur Tengah semakin meningkat.

Saham produsen mobil naik 1,5% setelah Uni Eropa pada hari Jumat memilih untuk mengadopsi tarif definitif pada kendaraan listrik bertenaga baterai (BEV) buatan China. Hal ini terjadi meskipun ada penentangan terhadap langkah-langkah tersebut dari banyak produsen mobil Eropa, yang takut akan tarif pembalasan dari salah satu pasar terbesar mereka.

Di tempat lain, saham penerbit video game Prancis Ubisoft melonjak lebih dari 30% pada hari Jumat setelah laporan media bahwa Tencent dan keluarga pendiri perusahaan Guillemot sedang mempertimbangkan kemungkinan pembelian perusahaan.

Sementara itu, saham raksasa pelayaran Denmark Moller-Maersk turun lebih dari 8% pada satu titik sebelum memangkas kerugian sedikit setelah pekerja pelabuhan AS dan Aliansi Maritim Amerika Serikat menyetujui kesepakatan sementara tentang upah pada hari Kamis, mengakhiri pemogokan tiga hari mereka dan meredakan tekanan pada sektor tersebut.

Pemogokan yang berkepanjangan akan memberikan dorongan bagi pengirim barang Eropa untuk mengambil bagian yang lebih besar dari permintaan rantai pasokan global. Maersk ditutup lebih dari 5% lebih rendah, sementara Hapag Lloyd Jerman kehilangan lebih dari 15%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya di awal pekan, bursa Eropa akan mencermati data Retail Sales Agustus zona Euro, yang jika terealisir naik, akan menguatkan bursa Eropa.