Tesla Luncurkan Robotaxi Dengan Full Self Driving Tanpa Pengawasan

251

(Vibiznews – Technology) Tesla meluncurkan robotaxi yang telah lama ditunggu-tunggu pada hari Kamis malam, namun para penggemar harus menunggu setidaknya hingga tahun 2026 sebelum robot tersebut tersedia.

CEO Elon Musk menyatakan bahwa kendaraan bertenaga AI yang ramping itu tidak memiliki kemudi atau pedal. Ia juga menyatakan keyakinannya terhadap kemajuan yang telah dicapai perusahaan dalam teknologi mengemudi otonom yang memungkinkan kendaraan melaju tanpa campur tangan manusia.

Tesla mulai menjual perangkat lunak tersebut, yang disebut “Full Self-Driving,” sembilan tahun lalu. Namun, ada keraguan tentang keandalannya.

“Kami akan beralih dari Full Self-Driving yang diawasi menjadi Full Self-Driving tanpa pengawasan, di mana Anda dapat tertidur dan bangun di tempat tujuan Anda,” katanya. “Ini akan menjadi masa depan yang gemilang.”

Tesla memperkirakan Cybercab akan berharga di bawah $30.000, kata Musk. Ia memperkirakan kendaraan tersebut akan tersedia pada tahun 2026, lalu menambahkan “sebelum tahun 2027.”

Perusahaan tersebut juga berharap untuk menyediakan teknologi Full Self-Driving pada kendaraan Model 3 dan Model Y yang populer di Texas dan California tahun depan.

Beberapa produsen mobil lain menggunakan teknologi serupa saat ini, dapat menjadi pesaing Tesla.

Waymo, unit kendaraan otonom Alphabet Inc., mengangkut penumpang dalam kendaraan tanpa pengemudi keselamatan manusia di Phoenix dan wilayah lainnya.

Unit pengemudian mandiri General Motors Cruise telah menjalankan robotaxi di San Francisco hingga kecelakaan tahun lalu yang melibatkan salah satu kendaraannya.

Aurora Innovation juga mengatakan akan mulai mengangkut barang dengan truk gandeng yang sepenuhnya otonom di jalan bebas hambatan Texas pada akhir tahun ini. Perusahaan truk gandeng otonom lainnya, Gatik, berencana untuk mengangkut barang secara otonom pada akhir tahun 2025.

Pada presentasi yang dijuluki “We, Robot”, Musk juga mengungkap kendaraan ramping yang tampak seperti minibus yang, seperti Cybercab, akan dapat mengemudi sendiri dan dapat mengangkut hingga 20 penumpang.

Perusahaan tersebut juga memamerkan beberapa robot humanoid Optimus hitam dan putih, yang berjalan beberapa kaki dari para hadirin sebelum memamerkan gerakan tari di gazebo yang tampak futuristik.

Musk memperkirakan bahwa robot tersebut akan berharga antara $28.000-$30.000 dan akan dapat mengasuh bayi, memotong rumput, mengambil bahan makanan, di antara tugas-tugas lainnya.