Bursa Eropa Rebound Kuat Jelang Pengumuman Suku Bunga ECB, Indeks Saham Inggris Tertinggi 4 Pekan

204

(Vibiznews – Index) – Bursa saham utama di Eropa cetak penguatan untuk semua indeks nya jelang pengumuman kebijakan suku bunga ECB pada perdagangan hari Kamis (17/10/2024).

Indeks gabungan saham bursa Eropa rebound kuat  dengan  STOXX 600 pan-Eropa naik 0,55% pada 522,49, sedangkan  STOXX 50 naik 0,90% ke 4952,15.

Selain pengumuman kebijakan ECB, sentimen positif juga datang dari laporan kinerja keuangan perusahaan.

Lihat: ECB Diharapkan Pangkas Suku Bunga Pekan Ini; Bursa Eropa Cetak Rekor Lagi dan Euro Bisa Tertekan

Berita optimis kinerja keuangan perusahaan hari ini dari  Sartorius melonjak lebih dari 11% setelah melaporkan penerimaan pesanan bioproses yang lebih baik dari yang diharapkan. Demikian saham Merck juga naik lebih dari 6% setelah mengonfirmasi panduan tahun fiskalnya.

Saham Nordea Bank naik 5,5% setelah menaikkan perkiraannya untuk pengembalian ekuitas tahunan dan mengumumkan program pembelian kembali saham baru.

Indeks saham Jerman menguat 0,25%, indeks saham Perancis naik 1,16% dan saham Italia IT40 menguat 0,82%.

Penguatan saham Perancis disupport saham Airbus naik 3,2%, Schneider Electric  naik 2,1% setelah pengumuman akuisisi saham pengendali di Motivair, penyedia solusi pendingin cair untuk sistem komputasi.

Bursa saham Inggris Melompat ke Tertinggi 4 Pekan

Bursa saham Inggris melanjutkan momentum penguatan indeks utamanya setelah mendapat tekanan di awal sesi oleh saham pertambangan.

Indeks FTSE 100 melompat ke posisi tertinggi 4 pekan setelah data inflasi Inggris yang lebih rendah dari perkiraan mendorong ekspektasi penurunan suku bunga untuk Bank of England.

Tekanan awal sesi dipicu oleh saham pertambangan yang turun lebih dari 1% karena penurunan harga bijih besi, yang didorong oleh kekecewaan atas upaya dukungan sektor perumahan terbaru Tiongkok dan peningkatan produksi bijih besi dari BHP.