Rekor Tertinggi Wall Street Sedikit Pulih oleh Laporan Kuartalan Yang Optimis

107
wall street

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Amerika Serikat berhasil membalikkan sebagian indeks utama ke posisi rekor pada perdagangan yang berakhir Kamis dinihari (17/10/2024).

Sepanjang perdagangan semua indeks utama bergerak fluktuatif melintasi garis pivot secara teknikal sampai kemudian berbalik positif dari pelemahan sebelumnya.

Hanya Dow Jones yang kembali ke posisi rekor tertinggi dengan  melonjak 0,8% menjadi 43.077,70, Nasdaq naik 0,3% menjadi 18.367,08 dan S&P 500 naik 0,5% menjadi 5.842,47.

Kenaikan Dow Jones disupport oleh lonjakan saham Cisco Systems (+4,3%) setelah Citi menaikkan peringkatnya pada saham perusahaan tersebut menjadi Beli dari Netral.

Rekor Dow Jones juga disumbang oleh lonjakan saham raksasa asuransi kesehatan UnitedHealth (+2,7%)  setelah anjlok  8,1% sebelumnya.

Berbaliknya indeks Wall Street ke zona positif dikarenakan investor  tetap optimis mengenai kekuatan ekonomi AS menjelang rilis beberapa laporan utama pada hari Kamis.

Dari laporan ekonomi, harga impor turun 0,4% pada bulan September setelah turun 0,2%  pada bulan Agustus.

Harga impor tidak berdampak langsung pada harga produsen dan konsumen, tetapi merupakan sinyal tekanan inflasi tetap rendah dan menambah dukungan terhadap pemangkasan suku bunga berikutnya pada bulan November.

Secara sektoral, saham maskapai penerbangan memimpin penguatan  mendorong NYSE Arca Airline Index  naik  4,8% ke level penutupan terbaiknya dalam hampir 5 bulan.

Saham United Airlines membantu memimpin sektor ini naik, melonjak 12,4% setelah melaporkan hasil kuartal ketiga yang lebih baik dari yang diharapkan.

Penguatan signifikan juga terlihat di antara saham perbankan, dengan KBW Bank Index naik 1,7% ke level penutupan tertinggi dalam 2 tahun.