Harga Timah Lanjutkan Kenaikan Solid Didukung Harga Emas

835

Harga timah di bursa Malaysia masih mampu bergerak dalam lanjutan trend menguat yang cukup solid pada sesi perdagangan Rabu ini (7/10). Harga timah kembali naik mantap masih disebabkan oleh timbulnya kekhawatiran para investor mengenai pasokan dari dalam negeri. Aksi beli kemballi ke pasar jug didukung oleh aksi short covering.

Lonjakan yang dialami oleh harga emas membantu peningkatan harga timah di bursa komoditas Malaysia hari Rabu ini. Logam mulia tersebut bergerak di kisaran tertinggi dalam 2,5 minggu. Spillover terjadi ke pasar logam industry.

Sepanjang kuartal ketiga tahun ini harga logam industri mengalami penurunan yang signifikan. Harga logam industri termasuk timah memang sedang mengalami tekanan jual yang kuat. Perlambatan ekonomi Tiongkok membuat negara konsumen 40 persen produksi logam industri global tersebut terpaksa menurunkan permintaannya. Sejak bulan April harga timah telah mengalami pergerakan di kisaran 14.000 – 16.000 dollar per ton.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami kenaikan yang signifikan siang ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 15.700 dollar per ton, naik sebesar 130 dollar atau setara dengan 0,84 persen.

Di akhir perdagangan bursa LME Selasa dini hari tadi harga timah berjangka untuk kontrak 3 bulan ke depan juga terpantau alami peningkatan. Harga komoditas tersebut ditutup naik sebesar 100 dollar atau 0,64 persen dan berakhir di posisi 15.700  dollar per ton. 

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya untuk jangka pendek akan menghadapi level resistance kuat di posisi 15.800 dollar dan 16.000 dollar. Akan tetapi jika terjadi retreat dan melemah harga tembaga akan menghadapi level support di 15.500 dollar dan 15.300 dollar.

 

 

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here